Kenapa sih manfaat komunikasi itu penting sekali bagi masyarakat dalam kegiatannya??
apa manfaat yg sangat penting bagio masyarakat dalam kegiatannya and kenapa harus ada etika yg baik didalam kegiatan kerja?masih banyakkah hal-hal yg perlu kita ketahui di dalam lingkungan kerja gengan cara yg baik,efektif dan efisien?
Dalam bersosialisasi dengan masyarakat, pasti ada tujuannya. Nah, komunikasi itu lisan maupun non lisan (bahasa tubuh), adalah salah satu cara agar tujuan kita tercapai. Misalnya, mau memberi kesan kita orangnya ramah, eh pas berkomunikasi bicara kita ketus, ekspresi judes, ya jelas tujuan kita g bakal tercapai. Yang ada kita dicap si jutek. Bagaimana cara berkomunikasi yang baik, banyak buku mapun majalah yang mengangkat topik ini, lengkap dengan tips step by stepnya. Tapi dari pengalaman yang paling afdol adalah pertama baca koran, supaya wawasan bagus jadi punya bahan untuk dikomunikasikan. Banyak lho orang suka grogi karena g tahu mau ngomong topik apa. Atau pas diajak ngomong orang, g bisa nanggepin karena topiknya g nyambung buat kita. Jadi ingat Jaka Sembung Bawa Golok. Kedua jangan malas ikut nimbrung duduk barang ortu, atau paman atau kakak, termasuk juga kalau lagi ada tamu. Di situ biarpun kita baru berperan jadi "kambing congek", kita bisa belajar banyak. Mulai dari bagaimana mereka memilih topik pembicaraan, bagaimana gaya membahas, cara mendebat, cara mengekspresikan ketidak setujuan atau sebaliknya dukungan, bahkan cara duduk. Wah, ini pelajaran penting buat kita saat mau terjun ke masyarakat atau dunia kerja. Di dunia itu ada etika-etika yang harus kita alami dulu, baru bisa tahu. Percaya deh, kalau ini kamu lakukan, di manapun kamu berada, kamu akan lebih menonjol dari orang-orang yang seusia kamu. You have an opportunity to be the leader! Aamiin.Dan selain itu,,,,,Karena manusia itu mahluk sosial.....maka manusia butuh komunikasi......dengan komunikasi manusia berinteraksi dengan yang lainnya.Dalam lingkungan kerja....komunikasi sangat diperlukan baik secara Vertikal maupun horizontal dari atasan - bawahan..bawahan atasan and rekan kerja.
Dengan komunikasi yang baik akan tercipta suasana kerja yang nyaman.Komunikasi juga biasanya mengarah pada keterbukaan.Tapi itu tergantung manajemen juga........apa si Boz orang nya komunikatif....ato gimana...
Banyak sekali hal yang berkaitan dengan komunuikasi
Yang pasti......yang agak sulit itu cara berkomunikasi yang baik.karena komunikasi ini dipengaruhi oleh karakter orang......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar